Dahak dan Berlendir? Usir Dengan Cara Ini

2 komentar
mengurangi dahak dan lendir

Dahak dan berlendir tentunya akan mengganggu aktivitas anda. Dari rasa di leher yang tidak nyaman hingga suara serak bahkan suara tak keluar akan anda alami. Istirahat anda pun juga akan terganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut cara mengeluarkan dahak dan lendir secara alami.

Madu dan Lemon

Khasiat madu sudah dikenal sejak jaman dahulu, diantaranya untuk metabolisme tubuh. Madu mempunyai sifat anti peradangan dan anti bakteri.
Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Fungsinya sebagai antioksidan dan untuk menangkal virus dan bakteri yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Tambahkan madu pada perasan lemon untuk mengurangi lendir dan dahak. Konsumsi tiga kali sehari (pagi, siang dan malam).

Jahe

Selain untuk bahan masakan, jahe berfungsi sebagai obat alternatif. Perut kembung, mual dapat diobatinya. Jahe juga bisa untuk meredakan dahak dan mengeluarkan lendir. Iris jahe tipis-tipis, rebus dengan dua gelas air hingga matang. Saring irisan jahe. Tunggu sampai hangat kemudian bisa langsung diminum. Anda bisa mengonsumsinya pagi dan sore. Bagi anda yang radang tenggorokan, jahe kurang ampuh mengatasinya.

Bawang

Bawang dapat bekerja sebagai ekspektoran dalam tubuh kita. Sehingga dapat mengencerkan lendir dan dahak secara alami. Campurkan sedikit bawang ke perasan lemon yang telah ditambahkan gula atau madu. Anda juga bisa menaruh irisan bawang merah pada kamar anda, biarkan terhirup secara alami.

Sereh/serai

Tanaman yang berbentuk rumput-rumputan ini mengandung asiri sebagai peluruh dahak. Juga memberikan rasa hangat dan dan dapat melegakan tenggorokan. Rebus beberapa batang serai yang sudah dicuci bersih dengan dua air gelas sekitar 10 menit. Minum setelah dingin dan tambahkan sedikit madu. Konsumsi sehari sekali.

Kayu Putih

Yang satu ini khasiatnya tak perlu diragukan lagi. Kita sudah sering memakainya dari waktu kecil. Untuk dahak, usapkan minyak kayu putih di leher. Rasa hangatnya akan mengencerkan lendir dan dahak. Anda juga bisa meneteskan beberapa mililiter minyak kayu putih ke mangkuk yang berisi air hangat. Kemudian hirup uap yang dihasilkan. Namun jangan sampai terlalu dekat dengan hidung.

Demikian beberapa cara untuk mengeluarkan lendir dan dahak secara alami dan sederhana. Bila gangguan berlanjut segera hubungi dokter kepercayaan anda. 

Semoga bermanfaat.

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar

Follow by Email