8 Hal yang Perlu Anda Tau Tentang Sepeda "Push Bike"

8 komentar
Sepeda Push Bike

Bermain sepeda merupakan salah satu kegemaran anak-anak. Sebagai orang tua tentu senang ketika melihat anak dengan mahir mengendarainya. Bagi yang belum bisa bermain sepeda, bagaimana cara mengenalkannya? Ada yang mengenalkan dengan sepeda anak roda tiga, ada juga yang mengenalkan sepeda roda dua yang dipasang dua roda kecil di samping kanan-kirinya. Mungkin mereka belum mengenal push bike.

8 hal yang perlu anda tau tentang sepeda "push bike":

1. Apakah Push Bike Itu?

Push bike? Merupakan sepeda untuk balita tanpa pedal. Ya, bentuknya seperti sepeda roda dua pada umumnya, namun tak memiliki pedal. Push bike juga dikenal dengan sebutan balance bike. Sepeda ini diperuntukkan untuk balita yang baru mengenal sepeda. Oleh karena itu pushbike tak ada pedalnya. Push bike bertujuan mengajarkan keseimbangan pada anak. 

2. Darimana Push Bike Berasal?

Awalnya push bike yang terkenal di luar negeri seperti Inggris, Amerika, Negara di Eropa, Korea, Jepang kini sudah digandrungi di Indonesia. Banyak orang tua yang kini memberikan push bike pada anaknya untuk belajar bersepeda.

3. Apa Saja Merek Push Bike?

Berbagai macam merek dagang dapat kita temukan di toko sepeda Indonesia, baik secara offline maupun di online shop. Ada Thrill, London Taxi, Element, Odessy, Strider dan banyak lagi lainnya. 

4. Berapa Harga Push Bike?

Harganya jualnya juga bermacam-macam. Kisaran 500 ribu rupiah sampai 3 juta rupiah. Bahkan di marketplace ada toko yang yang menyewakan push bike dengan durasi per bulannya sekitar 150 ribu rupiah.

5. Bagaimana Cara Menggunakannya?

Penggunakan push bike tergolong mudah, ada yang hitungan jam sudah bisa menggunakannya. Yang penting jangan memaksakannya. Biarkan kaki melangkah dengan sendirinya. Setelah keseimbangan mulai terjaga, ajari juga gerakan zig-zag, menanjak, meluncur, dan memutar. Jangan lupa lengkapi keamanan anak saat bermain push bike, seperti helm, sarung tangan, pelindung siku, pelindung lutut, dan sepatu. Setelah anak mahir menggunakan push bike maka nantinya akan mudah ketika menggunakan sepeda biasa (yang berpedal).

6. Cara Unik Lainnya

Buatkan lintasan bersepeda di halaman depan atau belakang rumah anda. Atau bahkan di dalam rumah juga bisa. Beri tanda start-finish, layaknya trek balap sesungguhnya. Pasang tanda belok kanan dan kiri, tanjakan kecil, dan gundukan agar bertambah keseruan memainkannya. Dan tentunya si anak akan lebih senang untuk memainkannya kembali.

7. Bersepeda Bersama Anda?

Ajak juga ke CFD, bersepeda bersama keluarga. Biarkan anak merasakan bagaimana bersepeda bersama dengan biker lainnya. Pilih lintasan yg sepi ya demi keselamatan anak kita.

8. Adakah Komunitas dan Perlombaannya?

Sudah banyak pula komunitas sepeda tanpa pedal ini. Perlombaannya pun juga banyak digelar di Indonesia. Hampir di setiap kota besar ada di setiap tahunnya. Kalau anda tertarik silakan bergabung dengan mereka. Hubungi Media Sosial mereka. Banyak kegiatan positif untuk anak dalam kegiatannya.

Bagaimana? tertarik memberikan push bike untuk anak anda? Segera dapatkan di toko sepeda terdekat ataupun di marketplace kesayangan anda. Mari bermain bersama.

Semoga bermanfaat.


Related Posts

8 komentar

Posting Komentar

Follow by Email